Thursday, February 23, 2012

Pengalamanku di Pondok Pesantren

Namaku Della Nur Hidayah. Aku akan menceritakan pengalamanku selama tinggal di pondok. Kebetulan aku sekolah di MTs N Majenang sekaligus tinggal di pondok pesantren untuk menimba ilmu.

Waktu pertama kali ke pondok aku merasa bakalan ditinggal orang tua dan bakalan tidak ketemu lagi sama orang tuaku. Namun, setelah kurenungkan maka aku berusaha untuk menuruti apa kata orang tuaku agar aku tinggal di pondok. Saat ditinggal orang tua, aku sempat menangis selama tiga hari berturut-turut. Sedih rasanya berpisah sama orang tua karena aku tidak bisa melihat dan bertemu orang tua sementara waktu selama aku tinggal di pondok. Aku nelpon juga masih dilarang karena khawatir aku ingin pulang lagi kata orang tuaku. 
Lama-kelamaan aku berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan pondok kemudian mulai mengikuti kegiatan pengajian di pondok. Aku mulai ngaji Al Qur'an, setelah khatam dilanjutkan menghafal juz amma, tuhfatul atfal, aqidatul awam dan terus belajar yang lainnya. 
Alhamdulillah semua pelajaran bisa kuikuti dengan baik dan sekarang mencoba untuk menghafal Al-Qur'an. Aku harus bisa menghafal Al Qur'an agar menjadi ustadzah yang sekaligus hafidzoh (hafal Al Qur'an). Aku ingin orang tuaku bangga. Maka tak ada pilihan kecuali harus sukses belajar di MTs dan sekaligus di pondok pesantren agar cita-citaku berhasil kuraih. 
Kegiatanku di pondok tidak ringan. Aku harus bangun setiap hari pukul 02.30 dini hari untuk sholat qiyamullail dilanjutkan wirid, persiapan sholat subuh, ngaji dan persiapan berangkat sekolah. Begitu pula ketika pulang sekolah aku harus ngaji bersama teman-teman sampai tengah malam. Kadang terasa berat, namun aku sudah bertekad untuk mengikuti segala aturan yang telah ditentukan oleh pondok pesantren Manalus Salamah di mana saat ini aku belajar dan menimba ilmu. 
Sekian dulu cerita tentang kegiatanku di pondok dan mohon maaf bila tulisanku masih belum baik karena masih dalam tahap belajar. Kapan-kapan disambung lagi. Jangan lupa do'akan aku biar istiqomah dan sukses meraih apa yang kucita-citakan.
Wassalam